Saturday, March 10, 2012

"entahlah"

 "entahlah"

Dalam kehidupan itu tidak ada hal yang pasti. hanya karena satu kesalahan saja semua yang direncanakan dan diharapkan bisa berubah menjadi kekacauan. Jika sudah jadi seperti itu tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain tetap menjalaninya dengan sabar dan penuh keyakinan.

Terkadang saat melakukan sesuatu, orang akan mengalami keraguan akan jalan yang telah ditempuhnya. Apakah yang telah dilakukan sudah benar? Apakah hal tersebut dapat diterima dengan baik oleh orang lain? Apakah dengan seperti ini hal yang terjadi akan baik-baik saja? Kecemasan dan keraguan pada diri sendiri terus berdatangan. Meskipun demikian yang bisa dilakukan hanyalah yakin pada diri sendiri, percaya pada jalan yang telah ditempuh dan terus melangkah. Jangan terlalu memikirkan hasil akhir yang akan diperoleh nanti, terus maju dengan tegar menjalani apa yang diyakini.

pada saatnya nanti akan jelas hasil yang diperoleh. Apa yang dihasilkan dari rasa percaya akan jalan yang telah ditempuh, segala yang dijalani dengan tegar akan dapat diterima dengan baik. Paling tidak itu yang saya yakini saat ini, entah bagaimana hasilnya nanti.

Apabila hasil yang dicapai memuaskan, sukses dan dapat diterima oleh orang lain tentunya kita akan merasa bangga. Bangga akan apa yang telah ditempuh dan apa yang diyakini selama ini. Tentunya keberhasilan itu akan mempertebal keyakinan dan rasa percaya diri. Maka hendaknya jadikanlah keberhasilan itu sebagai pemicu untuk meraih keberhasilan-keberhasilan lain yang lebih besar lagi.

Dengan tidak mereasa berpuas diri akan apa yang telah dimilikinya seseorang akan dapat menjaga dan memacu semangat untuk terus berkarya. Rasa puas dan bangga yang berlebihan hanya akan menjadi penghalang yang sulit untuk dirobohkan. Dan penghalang tersebut tidak lain diciptakan oleh diri sendiri.

Tidak semua hal yang telah dilakukan dengan tekun dan penuh kesabaran akan memberi hasil yang diharapkan. Ada kalanya kegagalan datang menghampiri. Seperti hujan yang datang tiba-tiba di musim panas dan menghapus semuanya. Akan tetapi tentu saja rasa sedih dan kecewa akan kegagalan tersebut nyata dan akan tetap ada. Pada saat seperti itu tidak ada yang perlu disesali. Menangislah sekuatnya, keluarkan semua rasa sesal, sedih, dan kecewa yang ada bersama air mata dan buang jauh.\

Setelah membuang jauh semua perasaan negatif tadi, mulailah melangkah lagi. Lakukan sesuatu yang baru dan cobalah untuk meraih sukses sekali lagi. Jangan biarkan kegagalan yang telah lalu menjadi penghalang untuk kesempatan lain yang akan datang. Melangkah majulah dan raih kesuksesan sekali lagi.

by Husna & Neiya

No comments:

Post a Comment