Tuesday, March 27, 2012

INSPIRE

Banyak orang bilang kalau inspirasi dalam menulis itu bisa datang dari mana saja, dan dalam bentuk apa saja. Apa yang dialami seseorang, apa yang disukai, apa yang tidak disukai, apa yang dilihat, apa yang didengar. Seribu saru macam hal dapat menjadi dan menimbulkan inspirasi dalam menulis. Akan tetapi apa itu benar? Apa semua itu berlaku bagi setiap orang?

Tentu saja itu benar adanya, inspirasi menulis itu bisa datang dari mana saja, kapan saja dan di mana saja. Menulis merupakan bentuk expresi diri, karena itu tulisan yang dibuat bisa berbentuk dan bertemakan apa saja yang dikehendaki penulis. Misalnya seseorang yang senang menonton sepak bola dan tahu banyak mengenai sepak bola dapat membuat tulisan seputar sepak bola. Tulisan tersebut dapat berupa panduan dan trik-trik dalam bermain sepak bola, ulasan pertandingan, profil pemain terkenal atau berita terkini seputar sepak bola.

Inspirasi tidak hanya datang dari rasa suka dan pengetahuan akan sesuatu, bahkan rasa tidak suka dan ketidaktahuan akan sesuatu bisa menjadi inspirasi dalam menulis. Ketidak sukaan yang dituangkan dalam tulisan mungkin saja bisa bermanfaat dan menghasilkan sesuatu yang positif. Bahkan apabila tulisan tersebut dimuat dalam media cetak ataupun yang lainnya, dapat menghasilkan apresiasi yang lebih besar lagi (tidak menutup kemungkinan menjadi sumber penghasilan). Sebagai contoh seseorang yang tidak suka merokok dan ingin orang lain untuk berhenti merokok dapat membuat ulasan seputar rokok dan bahaya yang terkandung di dalamnya.

Setiap orang mempunyai hal yang disukai dan hal yang tidak disukai dan pengetahuan yang beragam akan hal yang berbeda. Tentu saja setiap orang dapat menulis berbagai hal yang berbeda dengan adanya rasa suka dan pengetahuan tentang berbagai hal tersebut. Perasaan dan pengetahuan akan sesuatu merupakan modal inspirasi dalam menulis. Jadi jika ditanya "Apakah semua orang bisa mendapat inspirasi dari mana saja?" "Apakah semua orang bisa menulis?". Saya yakin jawabannya iya semua orang bisa mendapat inspirasi dan menulis dengan itu.

Dengan inspirasi yang sudah didapat semua orang bisa menulis, itu yang saya yakini. Akan tetapi untuk bisa menulis dengan baik adalah suatu persoalan yang berbeda. Dalam tulisan ini saya tidak mengajarkan cara menulis yang baik. Tulisan saya sendiri belum cukup baik. Disini saya hanya mencoba untuk menuangkan inspirasi yang saya miliki kedalam bentuk tulisan. Saya percaya dengan mulai menulis dan terus menulis seseorang akan memperoleh pengalaman dan akan dapat menulis dengan lebih baik dari waktu ke waktu.


No comments:

Post a Comment